Langsung ke konten utama

Pengertian besaran fisika dan sistem satuannya

Assalamu'alaikum sahabat tricky....jumpa lagi dengan saya[abang tricky] di situs blog paling bermanfaat ini. Kalau episode kemarin menjelaskan tentang asam dan basa, kali ini abang tricky akan menjelaskan pengertian dari besaran fisika dan sistem satuannya.bab ini telah dipelajari saat kelas VII, jadi, kalau para sahabat tricky udah lupa, jangan khawatir ya...karena abang tricky akan menjelaskannya. Simak baik baik ya.....

Pengertian besaran fisika

Besaran fisika adalah semua gejala alam yang dapat di ukur,misalnya panjang,massa,waktu dan berat.besaran fisika dibagi menjadi dua macam yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

 1.Besaran pokok
       Besaranpokok adalah besaran dengan satuan yang telah di definisikan sendiri.ada tujuh macam besaran pokok.
Berikut ini adalah macam macam besaran pokok:


 2.Besaran turunan
        Besaran turunan adalah gabungan dari beberapa besaran pokok.misalnya, volume.kalian tentunya mengetahui bahwa satuan volume adalah meter kubik. Artinya, volume merupakan gabungan dari beberapa besaran yang memiliki satuan meter.contoh besaran turunan.
Berikut ini adalah macam macam besaran turunan:
Sistem satuan
   Satuan adalah besaran pembandinɡ yanɡ diɡunakan dalam penɡukuran . Satuan dibedakan menjadi dua, yaitu satuan baku dan tidak baku.
 1) satuan baku
         satuan baku adalah suatu pembandinɡ atau satuan dalam penɡukuran yanɡ disepakati dan dapat diɡunakan di seluruh dunia. System International d'uniteds yanɡ disinɡkat SI merupakan aturan sistem internasional.Satuan sistem internasional dibaɡi menjadi dua, yaitu sistem MKS (meter, kiloɡram, sekon) dan sistem CGS (centimeter, ɡram, sekon).
 2. satuan tidak baku
        Satuan tidak baku atau yanɡ biasa disebut satuan nonbaku, tidak dapat dibuat patokan atau atau standar, karena baɡian tubuh seseoranɡ berbeda satu denɡan yanɡ lainnya. contohnya, depa, jenɡkal, atau hasta.



ok sahabat tricky, munɡkin itu saja yanɡ bisa saya berikan, semoɡa bermanfaat dan
wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembunuhan & Mutilasi Vera Oktaria •Keterangan : TRIBUNNEWSBOGOR.COM --  Prada DP ditetapkan sebagai tersangka setelah membunuh kekasihnya, Vera Oktaria.Tak hanya menghabisi nyawa korban, Prada DP juga memutilasi Vera Oktaria.Sidang yang dipimpin ketua majelis hakim Letkol Chk Khazim SH didampingi Letkol Sus Much Arif Zaki Ibrahim SH dan Mayor Chk Syawaluddin SH. •Kompensasi hukum pelaku :  "Resmi menyatakan terdakwa Prada DP telah terbukti secara sah meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana desersi dan divonis hukuman 3 bulan penjara," tambah hakim. Terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal pasal 87 ayat (1) ke 2 juncto ayat (2) KUHPM juncto dan perundangan pengadilan yang berlaku. Terlibat Pencurian Sepeda Motor, 2 Pelajar SMA Ditangkap Polisi 30/01/2018 | 21:25 WIB • Keterangan : KUPANG, KOMPAS.com  - Terlibat dalam kasus pencurian kendaraan bermotor di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), empat orang pemuda dibekuk aparat Ke

Makalah kimia

                                                   Kata pengantar      puji syukur kami panjatkan kepada Allah swt. atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehinga kami sanggup menyusun dan menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa, kami juga mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah ikut berkontribusi dalam menyelesaikan makalah ini.       Kami selalu berharap semoga makalah ini bisa menambah pengetahuan para pembaca. Namun, terlepas dari itu semua, kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca, agar kami bisa memperbaiki makalah ini menjadi makalah yang baik dan benar.                           Pamekasan, 11 Oktober 2019                                               Penyusun                           Daftar Isi Kata pengantar................................................. i Daftar Isi............................................................